Friday, May 31, 2013

7 Tips Tembus Ujian Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN)

Sebentar lagi ajang ujian-ujian saringan ke perguruan tinggi bakal digelar. Buat kita yang mau ikutan ujian ini pastinya harus siap-siap. Banyak cara dilakukan orang agar bisa nembus ujian saringan masuk. Berikut ini ada beberapa tips untuk dapat tembus ujian saringan masuk ke perguruan tinggi (SBMPTN). Tips-tips nya antara lain :
  1. Mengikuti apa yang biasa diajarkan di sekolah dengan serius
  2. Pelajari kembali mata pelajaran yang pernah kita dapat di kelas 1 dan 2, sebab pastinya banyak soal-soal ujian yang keluar dari bahan-bahan selama kita di kelas tersebut.
  3. Tidak ada salahnya, kalau kita ikut bimbingan belajar. Tapi kita harus selektif dalam memilih tempat bimbingan belajar, sebab banyak bimbingan belajar yang hanya ingin mengeruk keuntungan saja. Bimbingan belajar seperti ini harus dihindari.
  4. Kalau kita tidak ikut bimbingan belajar, coba saja beli buku kumpulan soal ujian masuk perguruan tinggi. Dari buku ini kita bisa latihan mengerjakan soal-soal ujian, sekaligus untuk menilai apakah belajar kita sudah mencapai hasil maksimal atau belum. Selain itu, dari buku ini kita bisa belajar contoh-contoh soal sekaligus cara menyelesaikannya, karena biasanya buku seperti ini menyertakan cara penyelesaian soal.
  5. Kalau kita menggunakan metode di atas, jangan lupa perhatikan waktu pengerjaannya. Sebab saat mengerjakan ujian saringan masuk kita tidak hanya berhadapan dengan soal. Tetapi juga berpacu dengan waktu.

  6. Kalau kita sudah belajar, ada baiknya juga kalau kita ikut "Try Out". Hasil TO ini biasanya menjadi bayangan dari hasil ujian kita, meskipun tidak selalu sama.
    Jangan lupa jaga kondisi tubuh.

No comments:

Post a Comment